tana ngada

Letak Geografis

Kepulauan Indonesia
Kepulauan Indonesia terdiri dari beberapa pulau besar dan beberapa kepulauan kecil. Salah satu dari kepulauan kecil itu adalah kepulauan yang terdapat di Nusa Tenggara.

Nusa Tenggara terletak di sebelah timur pulau Jawa dan Bali, dan meliputi (1) Nusa Tenggara Barat dan (2) Nusa Tenggara Timur.
Sebutan Nusa Tenggara itu baru digunakan pada tahun 1954. Sebelumnya wilayah ini disebut dengan Sunda Kecil.

Nusa Tenggara terbagi atas:
 - Nusa Tenggara Barat (NTB), yang meliputi pulau Lombok dan Sumbawa (warna ungu).
Propinsi Nusa Tenggara Timur
- Nusa Tenggara Timur (NTT), yang meliputi tiga pulau besar, yaitu pulau Flores, pulau Sumba, dan pulau Timor (warna hijau). Singkatan dari nama ketiga pulau di NTT ini: Flobamor (Flores-Sumba-Timor), menjadi sebutan khas untuk NTT.
Di Nusa Tenggara Timur sendiri terdapat sekitar 550-an pulau.
Secara geografis, wilayah NTT terletak di antara BB 118° and 125°, BS 118° and 125°, dan BT 8° and 12°.

Pulau Flores

Pulau Flores merupakan pulau vulkanis dengan banyak obyek wisata yang indah. Salah satu yang paling terkenal adalah danau Kelimutu yang airnya mempunyai tiga warna yang berubah-ubah.
Kata Flores (dari bahasa Portugis: cabo da flores) berarti bunga. Julukan ini diberikan oleh para pengelana dunia dari abad-abad yang lalu, khususnya untuk menunjukkan keindahan yang terdapat pada pemandangan di dasar laut seperti karang, ikan, dan biota laut lainnya. Keindahan ini diperkaya pula oleh keanekaragaman suku, adat-istiadat, bahasa, dan budaya yang berada pada satu lokasi (pulau) yang kecil (!!).
Di sekeliling pulau Flores terdapat beberapa (sekitar 100-an) pulau kecil, antara lain pulau Komodo (di sebelah barat) dan pulau-pulau Lomblen, Lembata, Pantar, Alor dll. (di sebelah timur).
Salah satu kabupaten di pulau Flores adalah Kabupaten Ngada dengan sebutan akrab "Tana Ngada".

Kabupaten Ngada terletak di sebelah barat pulau Flores. Kabupaten ini terletak di antara Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Ende. Kabupaten Ngada terdiri dari beberapa kecamatan. Berikut ini adalah peta administratif kabupaten Ngada sebelum ada pemekaran kabupaten baru (kabupaten Nagekeo).

Kabupaten Ngada