info: aktifkan javascript browser untuk tampilan normal...
BAB I
KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada pasal 2, STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa mempunyai fungsi:
a.perumusan dan penetapan visi, misi kebijakan dan perencanaan program;
b.penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran ilmu pengetahuan Agama Islam;
c.pelaksanaan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan Agama Islam;
d.pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat;
e.pelaksanaan pembinaan sivitas akademika;
f.pelaksanaan kerjasama dengan perguruan tinggi dan/atau lembaga-lembaga lain;
g.pelaksanaan pengendalian dan pengawasan kegiatan;
h.pelaksanaan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan;dan
i.pelaksanaan kegiatan administrasi dan penyusunan laporan.

BAB II
SUSUNAN ORGANISASI

Bagian Pertama

Pasal 4
STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa terdiri atas:
a.Ketua dan Pembantu Ketua;
b.Senat Sekolah Tinggi;
c.Jurusan;
d.Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat;
e.Kelompok Dosen;
f.Bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Umum;
g.Unit Pelaksana Teknis meliputi:
1.Perpustakaan;
2.Komputer;
3.Laboratorium dan Studio.

Bagian Kedua
Ketua dan Pembantu Ketua

(1)Dalam melaksanakan tugas, ketua dibantu 3 (tiga) orang pembantu ketua yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Ketua.
(2)Pembantu Ketua terdiri atas:
a.Pembantu Ketua bidang Akademik;
b.Pembantu Ketua bidang Administrasi Umum;
c.Pembantu Ketua bidang Kemahasiswaan.

Pasal 7
(1)Pembantu Ketua bidang Akademik mempunyai tugas membantu ketua dalam memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
(2)Pembantu Ketua bidang Administrasi Umum mempunyai tugas membantu ketua dalam memimpin penyelenggaraan pelaksanaan kegiatan di bidang administrasi umum, keuangan dan inventaris kekayaan negara.
(3)Pembantu Ketua bidang Kemahasiswaan mempunyai tugas membantu ketua dalam memimpin penyelenggaraan kegiatan di bidang pembinaan dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa.

Bagian Ketiga
Senat STAIN

Pasal 8
Senat STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa yang susunan organisasi, tugas dan fungsinya akan diatur dalam Statuta STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

Bagian Keempat
Jurusan

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada Pasal 9, Jurusan mempunyai fungsi:
a.penyusunan rencana dan program kerja jurusan;
b.pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
c.pelaksanaan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan, kegiatan administrasi dan penyusunan laporan.

Pasal 11
(1)Jurusan terdiri atas:
a.Ketua dan Sekretaris Jurusan;
b.Program Studi;
c.Laboratorium/Studio;
d.Dosen.
(2)Ketua Jurusan dipilih di antara dosen senior dan bertanggung jawab kepada Ketua STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan perencanaan, pengkoordinasian, pemantauan, dan penilaian kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Pasal 14
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat mempunyai fungsi:
a.penyusunan konsep rencana dan program kerja;
b.penyusunan rumusan kebijakan unit penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
c.penyusunan dan penilaian rencana, disain penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; dan
d.pelaksanaan pengembangan pola, pemantauan dan pembinaan, publikasi hasil penelitian serta pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat;

Kelompok Dosen merupakan unsur pelaksana akademik mempunyai tugas melakukan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian/ilmunya serta memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam rangka pengembangan, penalaran, minat dan kepribadian mahasiswa.

Pasal 17
(1)Dosen terdiri dari sejumlah tenaga dosen yang terbagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan bidang keahliannya.
(2)Setiap kelompok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh seorang dosen senior sebagai koordinator.
(3)Jumlah dosen ditetapkan menurut kebutuhan dan beban kerja.
(4)Jenis dan jenjang kepangkatan dosen diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Bagian Ketujuh

Bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Umum

Pasal 18
Bagian Akademik, Administrasi Umum dan Kemahasiswaan mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang administrasi akademik, administrasi umum dan kemahasiswaan.
Bagian 19 Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 18, bagian Akademik, Administrasi Umum dan Kemahasiswaan mempunyai fungsi:
a.penyusunan rencana dan program di bidang akademik, kemahasiswaan; perencanaan dan sistem informasi, organisasi tatalaksana dan kepegawaian, hukum, keuangan dan barang milik negara, serta ketatausahaan dan kerumahtanggaan;
b.pengelolaan di bidang akademik, kemahasiswaan; perencanaan dan sistem informasi, organisasi tatalaksana dan kepegawaian, hukum, keuangan dan barang milik negara, serta ketatausahaan dan kerumahtanggaan.
c.penyusunan evaluasi dan laporan.

Pasal 20
Bagian Akademik, Administrasi Umum dan Kemahasiswaan terdiri dari:
a.Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan;
b.Subbagian Organisasi dan Tatalaksana, Kepegawaian dan Keuangan & Barang Milik Negara;
c.Subbagian Umum.

Pasal 21
(1)Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan mempunyai tugas melakukan penyusunan rencana dan program kerja, registrasi dan herregistrasi mahasiswa, administrasi pendidikan, administrasi penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta penilaian prestasi dan penyusunan laporan.
(2)Subbagian Organisasi dan Tatalaksana, Kepegawaian dan Keuangan & Barang Milik Negara mempunyai tugas melakukan pengelolaan urusan organisasi dan tatalaksana, urusan kepegawaian serta urusan keuangan dan barang milik negara;
(3)Subbagian Umum mempunyai tugas melakukan pengelolaan urusan perlengkapan, kerumahtanggaan, hukum, hubungan masyarakat, publikasi, ketatausahaan, penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan.

Bagian Kedelapan
Unsur Penunjang Akademik

(1)Perpustakaan mempunyai tugas melakukan perencanaan pengembangan kepustakaan dan pustakawan, pelayanan bahan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kerja sama antar perpustakaan, pengetahuan, evaluasi dan penyusunan laporan kepustakaan.
(2)Komputer mempunyai tugas melakukan pengumpulan, pengolahan, penyiapan, penyajian, penyimpanan data dan informasi serta layanan untuk program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
(3)Laboratorium/Studio mempunyai tugas melakukan penyusunan konsep dan rencana serta program kerja laboratorium/studio yang bersangkutan, pengujian dan eksperimentasi untuk verifikasi dan pengembangan serta penemuan baru dalam bidang studi/bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau seni keagamaan Islam, penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan, serta penyusunan laporan kegiatan laboratorium dan studio.

Bagian Kesembilan
Eselonisasi

Pasal 24
(1)Kepala Bagian Akademik, Administrasi Umum dan Kemahasiswaan adalah jabatan eselon IIIa.
(2)Kepala Subbagian adalah jabatan eselon IVa.

BAB III
KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL

(1)Setiap pimpinan satuan organisasi/satuan kerja di lingkungan STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa dalam melaksanakan tugas wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik dalam lingkungan masing-masing maupun dengan instansi lain di luar STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.
(2)Setiap pimpinan satuan organisasi/satuan kerja di lingkungan STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa wajib mengembangkan pelaksanaan tatakerja ke arah penciptaan perubahan paradigma dari fungsi menguasai kepada fungsi pelayanan dan pemberdayaan seluruh sivitas akademika.
(3)Setiap pimpinan satuan organisasi/satuan kerja di lingkungan STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa wajib mengembangkan pelaksanaan tugas dan fungsinya berdasarkan visi dan misi, kebijakan dan rencana strategis satuan organisasi atasannya.
(4)Setiap pimpinan satuan organisasi/satuan kerja di lingkungan STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa bertanggungjawab memimpin dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas bawahan masing-masing serta mengawasi bawahan masing-masing dan bila terjadi penyimpangan agar mengambil langkah-langkah perbaikan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Pasal 28
Setiap pimpinan satuan organisasi/satuan kerja melaksanakan pengawasan melekat, penilaian kinerja, mematuhi peraturan yang berlaku dan menyampaikan laporan akuntabilitas hasil pelaksanaan tugasnya kepada atasan masing-masing secara berjenjang dan berkala.

Pasal 29
Setiap laporan yang diterima pimpinan satuan organisasi/satuan kerja dari bawahannya wajib diolah dan dipergunakan sebagai salah satu bahan utama dalam penilaian prestasi kerja, pengambilan kebijakan serta pembinaan karir pegawai, dan penyempurnaan pelaksanaan tugas lebih lanjut.

BAB V
KETENTUAN LAIN-LAIN

Pasal 30
(1)Perubahan Organisasi dan Tata Kerja STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri yang bertanggung jawab di bidang pendayagunaan aparatur negara.
(2)Bagan Organisasi STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan ini.

BAB VI
KETENTUAN PENUTUP

Pasal 31
Dengan berlakunya Peraturan ini, maka segala ketentuan yang bertentangan dengan Peraturan ini dinyatakan tidak berlaku.

Pasal 32
Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Agar setiap orang mengetahuinya memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri Agama ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.

Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 21 Maret 2007
MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA

MUHAMMAD M. BASYUNI
Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 21 Maret 2007
MENTERI HUKUM DAN HAM REPUBLIK INDONESIA,

HAMID AWALUDIN

[tulis] » komentar « [baca]